Walau Modal Kecil Bisa Memulai usaha Jasa Percetakan

Walau Modal Kecil Bisa Memulai usaha Jasa Percetakan

Untuk memulai sebuah bisnis jasa percetakan skala besar tentu saja bukan urusan kecil, bisnis ini membutuhkan sarana dan prasarana yang tidak sedikit. Sehingga modal yang dibutuhkan untuk berkecimpung di bisnis ini juga bisa di pastikan akan sangat besar nilainya. Kalau di kalkulasikan pengadaan tempat usaha, mesin kerja, bahan baku, dan sdm bisa menyentuh angka miliaran rupiah.

Pertanyaannya apakah bagi mereka yang bermodal kecil bisa membuka usaha percetakan? Jawabannya tentu saja bisa, dan solusinya adalah jasa percetakan dengan skala kecil yang menangani bidang cetak mencetak sederhana dan di pastikan dengan nilai investasi yang sangat minimal. Lalu jenis percetakan yang bagaimana yang bisa di mulai dengan investasi kecil?

usaha-bisnis-percetakan
JASA PERCETAKAN

Skala kecil bisnis percetakan bisanya mereka menerima pesanan pekerjaan berupa jasa percetakan kartu nama (card name), Jasa percetakan undangan, dan jasa cetak mencetak sticker. Lalu media cetak apa saja yang dibutuhkan untuk memulainya? Jika memang ingin berbisnis percetakan skala kecil sudah bisa di pastikan di masa teknologi tinggi ini menggunakan teknologi komputer baik berupa PC maupun labtop, di tambah dengan 1 unit printer yang berteknologi infus tinta seperti epson dan canon yang sudah menyediakan produk resmi seperti perinter yang dibutuhkan.

Ada juga yang melengkapi bisnis cetak mencetak skala kecil ini dengan keterampilan clothing (sablon), baik sablon diatas kertas, kain, atau media lainnya. mengapa? karena dengan keterampilan ini ada opsi kerja dan opsi ini berbiaya murah dan mampu meningkatkan keuntungan berlipat jika terampil di bidang ini.

Baiklah, bagaimana usaha percetakan dengan modal kecil ini bisa dimulai. Apa saja yang anda butuhkan dan persiapkan bagi diri anda.

1. Menguasai program kerja grafis
Wajib bisa mengolah desain, karena tanpa desain apa yang ingin di cetak. Maka menguasai program desain grafis ini sangatlah mengikat (terkecuali anda ingin menggaji orang lain untuk desain). Cukup banyak program desain yang tersedia dan bisa menjadi pilihan, namun yang umum digunakan berupa software desain CorelDraw, PhotoShop, dan Adobe Ilustrator. Jadi pilihlah salah satu untuk di pelajari dan di kuasai.

2. Berinvestasi media kerja
Setiap bisnis itu membutuhkan investasi, maka investasikan modal anda untuk media kerja utama, seperti komputer, printer, peralatan cetak mencetak sablon. Selanjutnya maksimalkan dan peliharalah investasi yang sudah dilakukan agar dapat di kembangkan kembali.

Baca juga : Kriteria Penting Mengefektifkan Media Promosi Outdoor

3. Menemukan supplier bahan
Agar harga jual bisa bersaing di masa persaingan yang semakin ketat ini, maka memiliki supplier yang dapat melayani penjualan dalam jumlah sedikit, namun memberikan harga grosir tentu menjadi aset penting dalam persaingan di usaha jasa percetakan kecil ini. Milikilah beberapa mitra supplier pemasok bahan agar mudah menemukan bahan yang diinginkan.

Berbagi disini :

Laman: 1 2

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.