Transpormasi Iklan Reklame Luar Ruangan Outdoor

Transpormasi Iklan Reklame Luar Ruangan Outdoor

Iklan promosi media papan billboard LED diyakini bisa menjadi primadona baru media reklame iklan luar ruang / outdoor. Sifatnya yang atraktif dan dinamis mampu menutup kelemahan papan reklame billboard konvensional. Namun, mengapa pangsa pasarnya masih jauh di bawah billboard konvensional? Soal permasalahan pada harga atau edukasi yang minim? Kita dapat merasakan berada di antara ratusan orang berkumpul di halaman Business Square terbesar di New York Time Square.

Mereka mengarahkan pandangan ke salah satu papan reklame iklan billboard raksasa. Tiba-tiba seorang wanita cantik muncul dari dalam billboard dan mengarahkan kamera polaroid ke arah kerumunan. Setelah memotret, wanita itu memperlihatkan hasil jepretannya ke arah kerumunan orang. Sebagian melambai-lambaikan tangan ke arah iklan billboard. Mereka tertawa dan berteriak melihat wajah mereka ada di dalam billboard tersebut. Inilah cara Forever 21, jaringan ritel fashion, menarik perhatian pejalan kaki di Times Square. Yang digunakan bukan lagi billboard LED biasa, tapi iklan billboard LED interaktif.

video-tron1
VIDEO TRON

Upaya dalam menarik perhatian massa memang tidak semudah yang di bayang banyangkan. Terlebih jika sasarannya adalah masyarakat urban yang sangat supersibuk. Ini juga menjadi pekerjaan rumah yang tidak pernah ada habisnya bagi perusahaan atau merek dalam berinovasi. Pilihan media untuk beriklan memang bertambah, namun atensi masyarakat untuk menangkap pesan iklan juga terbagi.

Itulah sebabnya media luar ruang atau dikenal juga dengan sebutan media luar griya seperti media reklame iklan billboard tidak pernah ditinggalkan oleh advertiser (pengiklan). Media konvensional, terutama TV dan media digital (internet), memang terus bertambah jumlahnya. Tapi, bagi pengiklan media tersebut belum cukup, mereka masih membutuhkan iklan billboard untuk melengkapi aktivitas branding maupun memperkuat kegiatan bauran pemasaran kreatif (marketing mix).

Dibandingkan TV dan internet, iklan billboard punya keunggulan dalam hal eksposur dan impresi pada suatu lokasi. Billboard memiliki eksposur yang tinggi karena umumnya diletakkan di jalan-jalan protokol atau jalan-jalan yang ramai dilalui orang atau kendaraan. Ukuran yang lebih besar dari jenis iklan lainnya menjadikan billboard berpeluang untuk dilihat banyak orang (impresinya tinggi). Satu lagi keunggulan billboard, sebagai media luar ruang billboard menyatu dengan ruang publik, sehingga siapa pun bisa terpapar media ini.

Baca juga : Macam Bentuk Media Alat Promosi yang Perlu di Ketahui

Namun, billboard juga punya kekurangan. Sifat statis billboard menjadi titik lemahnya, sehingga daya tarik iklan yang disajikan lama-lama akan berkurang. Di sisi lain, billboard kurang adaptif terhadap tuntutan dunia bisnis yang serba cepat. Pengiklan tidak bisa dengan segera mengganti materi iklan, karena harus mencetak ulang materi iklan. Kelemahan ini membuat billboard konvensional terasa kurang seirama dengan zaman yang sudah serba terdigitalisasi.

Berbagi disini :

Laman: 1 2

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.