Ingin Populer Bersaing Membangun Merek Dagang

Ingin Populer Bersaing Membangun Merek Dagang

Coba sahabat bisnis perhatikan, saat kita berbelanja di mini market atau di mall pusat perbelanjaan, maka kita akan di hadapkan dengan ratusan hingga ribuan produk barang yang tersusun rapi dan terpajang pada rak etalesenya. Lalu sahabat bertanya kepada bagian atau pekerja pelayanan disana.

Saya mencari minyak makan? Tentu saja kita akan di tunjukan kepada kumpulan rak yang memajang berbagai jenis dan merek minyak makan untuk di pilih. Berbeda saat kita bertanya dengan menyebutkan sebuah merek, sebut saja minyak makan merek “A”, kita akan dilayani dan di antar pada rak yang khusus hanya mendisplay minyak dengan merek “A” tersebut. Begitulah gambaran kecil dari sebutan popuer dan kemampuan menyingkirkan pesaing dari kekuatan sebuah merek dagang.

merek dagang trade mark

Merek Dagang didesain dan dibuat untuk suatu tujuan dan manfaat yang sudah sangat jelas, Dengan adanya merek dagang pada sebuah layanan jasa atau sebuah produk tentu diharapkan akan memberikan batasan dan spesifikasi yang berbeda antara yang satu dengan yang lain. Itulah sahabat bisnis, mengapa perusahaan yang memberikan layanan bisnis atau memasarkan produknya akan berusaha untuk mendesain guna menghasilkan merek yang berkategori memorable “Mudah dimengerti dan diingat”.

Manfaat merek yang paling kuat adalah menjadi fungsi sebagai identitas produk baik barang maupun jasa. Baik itu dari segi identitas kemasan, bentuk, rupa, bunyi, kegunaan, rasa, bau, model, dan lain sebagainya. Sebagai contoh saat sahabat ingin membeli sebuah chief kartu telepon selular untuk sebuah operator yang sahabat tahu dan menjadi pilihan favorit saudara, dengan melihat logo, gambar, kemasan, tentu saja saudara sudah dapat membayangkan dan memilih secara spesifik produk yang akan saudara beli. “Benar apa tidak sahabat bisnis”. Jadi jelaslah sudah apa yang menjadi alasan setiap kemasan produk baik itu makanan, minuman, pakaian, bahkan produk elektronik selalu menyertakan merek dagang mereka.

Manfaat lain dari merek, dapat dilihat dari beberapa aspek, yakni aspek ekonomi, fungsional,dan psikologis. Untuk lebih jelasnya mari kita ketahui dari catatan di bawah ini:

Merek Dagang memiliki Manfaat Ekonomi :

  1. Merek menjadi bagian aset dan kekayaan pemiliknya, dan dapat di perjual belikan.
  2. Merek adalah sarana perusahaan untuk meningkatkan daya saing dengan perusahaan lain terutama yang sejenis.
  3. Konsumen memilih merek sesuai kondisi keuangan mereka.
  4. Hubungan antara merek dan konsumen terletak pada penjualannya. Jadi dengan kata lain, merek adalah sebuah sarana sebagai pilihan.

Baca juga : Walau Modal Kecil Bisa Memulai Usaha Jasa Percetakan

Merek Dagang memiliki Manfaat fungsional :

  1. Merek memberikan peluang bagi perusahaan-perusahaan sejenis untuk memperluas mereknya dengan produk baru.
  2. Merek membantu memberikan jaminan kualitas, karena produk dari merek berkualitas rendah akan segera diketahui konsumen, begitu pun sebaliknya.
  3. Memberikan jaminan bahwa merek tersebut akan bisa digunakan secara terus-menerus.
  4. Memudahkan promosi, iklan serta sponsorship.
Berbagi disini :

Laman: 1 2