5 Persiapan Sukses Event Promosi Bisnis Pameran dan Bazar

5 Persiapan Sukses Event Promosi Bisnis Pameran dan Bazar

Persaingan yang ketat dalam promosi tidak hanya terjadi pada bisnis yang berjalan dengan skala kecil, pada faktanya untuk bisnis yang operasionalnya dalam skala besar justru persaiangan dalam bentuk promosi jauh lebih keras dan ngotot. Sebagai contoh di kota-kota besar, bisnis mall pusat perbelanjaan berlomba-lomba menggelar promosi dalam bentuk event seperti pameran dan bazar dengan tujuan menarik minat masyarakat agar mau datang berkunjung dan membelanjakan uangnya. Event pameran dan bazar yang di laksanakan sering kali hanya berskala kecil, walaupun sesekali diadakan dalam skala yang cukup besar.

even promosi bazar pameran
PAMERAN DAN BAZAR

Bagi sahabat usahawan, promosi dalam bentuk event pameran dan bazar ini tentu saja menjadi signal peluang yang sangat potensial dan bisa dimanfaatkan untuk ikut mempromosikan produk dan layanan jasa usaha sahabat agar dapat dikenal masyarakat atau calon konsumen yang lebih luas lagi. Bagi sahabat usahawan yang berniat untuk mengikuti event promosi pameran dan bazar tentu harus membuat rencana dan tata kelola yang efektif serta efesien agar dalam pelaksanaannya dapat berjalan lancar, yang tak kalah pentingnya lagi kegiatan event promosi tersebut dapat memberikan keuntungan seperti yang di harapkan.

Konsep promosi yang akan di usung dalam sebuah event pameran dan bazar harus dapat dikemas dalam sebuah rancangan serta perencanaan yang jelas, perhitungan finansial yang di keluarkan, hingga pencapaian target promosi yang menjadi harapan. Mengapa demikian? Karena jika sahabat usahawan mengikutinya hanya karena latah atau sekedar ikut-ikutan, dikhawatirkan hanya akan buang-buang energi dan finansial yang sia-sia belaka.

Jika demikian, agar sahabat usahawan dapat menjaring kesuksesan dalam kegiatan event promosi yang berbentuk kegiatan pameran ataupun bazar, maka mulailah dengan beberapa catatan sederhana yang akan kita bahas dibawah ini :

1. Pahami dengan baik tujuan dan konsep sebuah event
Sebelum memutuskan ambil bagian dalam sebuah event promosi, sebaiknya sahabat cari tahu terlebih dahulu, pahami terlebih dahulu konsep yang akan di jadikan tema oleh penyelenggara event tersebut. Sebab, dengan memiliki data yang faktual tentu akan lebih mudah dalam mempelajari dan menerapkan strategi yang akan di terapkan dalam berpromosi di event tersebut. Tentu sahabat akan mengetahui segmen dan target pasarnya, bagai mana konsep stan promosi bisnis akan di wujudkan, harga jual yang ditetapkan, tata kelola pelayanan yang akan diterapkan, besaran finansial yang dapat di anggarkan, hingga target promosi dan penjualan yang akan di capai.

Bukan hal yang mudah untuk dilakukan ya sahabat usahawan? Tetapi dalam hal ini yakinlah kalau kita mau belajar dan bersungguh-sungguh tentu semua dapat dilakukan dengan tangkas dan terampil.

2. Cari tahu denah stan dan pelajari cara memperolehnya
Setelah mendapatkan data valid mengenai tujuan dan tema yang diusung panitia event promosi, yang harus sahabat lakukan adalah mengetahui susunan denah stan yang paling sesuai dan potensial menjadi pilihan berdirinya konsep both pusat layanan bisnis sahabat dalam event tersebut. Karena pada umumnya untuk area yang paling banyak menjadi tempat berkumpulnya pengunjung akan di hargai lebih mahal, jadi sesuaikan antara budget dan target yang di rencanakan.

Baca juga : 5 Promosi itu Membesarkan Bisnis yang Awalnya kecil

Selanjutnya pelajari cara memperoleh stan tersebut, apakah sahabat harus membayar sewa tempat secara harian, atau paket selama event berlangsung. karena tata cara sewa tempat ini bisa saja membayar sewa dalam bentuk paket akan lebih murah dari pada membayarnya jika dalam bentuk harian.

Berbagi disini :

Laman: 1 2