Perhatikan Saat Membuat Company Profil Perusahaan

Perhatikan Saat Membuat Company Profil Perusahaan

Company Profile perusahaan menjadi bagian media komunikasi dasar yang cukup penting untuk di buat atau di adakan, sebagai alat dukungan untuk membangun komunikai dengan calon pelanggan ataupun relasi perusahaan dalam pengelolaan kegiataannya. Yang jelas kegiatan ini dalam rangka memberitahukan kepada publik yang berkepentingan akan informasi dari perusahaan dalam profilnya.

Company Profile pada umumnya menjadi alat yang mampu memberikan informasi dan gambaran umum tentang perusahaan, dimana gambaran tersebut memuat informasi akan produk-produk yang di hasilkan atau di pasarkan lengkap dengan manfaat serta keunggulan-keunggulan yang disandangkan. Kebijakan dan rencana perusahaan yang di gambarkan dalam visi misi perusahaan, sampai potensi rekanan dan investasi yang di sajikan dalam bentuk tulisan dan gambar-gambar yang di harapkan mampu menanamkan keyakinan bagi mereka yang berkepentingan.

bisnis profile perusahaan
PROFILE PERUSAHAAN

Pada umumnya company profile perusahaan di bangun dalam rangka pelengkap utama dalam membangun kemitraan hingga pemasaran, company profile umumnya di buat berbentuk buku semacam diktat bila agak panjang, dan bisa juga berbentuk stop maps jika dibuat ringkas dan padat. Beberapa perusahaan merasakan perlu menjabarkan lebih lengkap dengan menggunakan sarana audio visual, seperti VCD ataupun DVD. Semua itu dibuat disesuaikan dengan kebutuhan informasi yang disajikan khusus kepada pihak-pihak yang membutuhkan dan bersinggungan langsung pada kegiatan perusahaan tersebut.

Apakah sahabat usahawan sudah pernah membuat company profile perusahaan atau seringkali disebut dengan business profie ini? Jika belum perhatikanlah beberapa catatan yang dapat sahabat usahawan jadikan panduan untuk membuat bisnis profile perusahaan sahabat, sebagai berikut :

1. Dalam Company Profile, profil perusahaan haruslah di jabarkan singkat, padat, jelas, lengkap dan mudah dimengerti dalam penyajiannya.
Memaparkan produk maupun perusahaan kepada para pemangku kepentingan akan lebih baik jika dilakukan secara efektif dan efisien, yakni tidak terlalu banyak membuang waktu namun mampu menyita perhatian mereka agar fokus pada informasi yang disampaikan.
Jika profil perusahaan dalam bentuk teks sebisa mungkin tidak lebih dari dua halaman kertas folio, lebih baik lagi jika profil bisa disajikan dalam satu halaman. Para pembaca biasanya hanya akan membaca profil perusahaan secara sekilas dengan melihat gagasan yang paling penting saja. Jika profil perusahaan dalam bentuk video usahakan durasi dibawah 10 menit namun memuat berbagai point penting. Video profil perusahaan yang disajikan dengan durasi panjang biasanya akan menimbulkan kejenuhan bagi penontonnya, sehingga justru mereka akan lupa dengan inti utama yang akan disampaikan.

2. Dalam Company Profile, sebaiknya informasi langsung ke pokok persoalan.
Profil perusahaan yang dibuat dengan penuh basa-basi menyebabkan kejenuhan bagi pembaca karena terlalu bertele-tele. Gunakan kalimat yang efektif, hal-hal yang memang tidak perlu bisa dipotong atau dihapus sehingga pembaca langsung bisa menangkap pokok persoalan yang akan disampaikan. Sajikan aspek-aspek utama yang memang penting untuk ditampilkan.
Editor naskah maupun editor video memiliki peran penting dalam membuat profil perusahaan agar bisa menyajikan materi yang bisa langsung ke pokok persoalan. Merekalah yang akan memilih-memilah setiap kata dan stok gambar yang memang benar-benar layak untuk disajikan.

3. Dalam Company Profile, harus menyajikan data yang akurat tergambarkan.
Dalam membuat profil perusahaan, menyampaikan data-data secara akurat harus dilakukan guna meningkatkan kepercayaan semua pihak yang berkepentingan. Dengan data yang akurat dan terjamin validitasnya, mereka yang akan melakukan penelusuran, penelitian kelapangan secara langsung, ataupun mengkonfirmasi informasi yang ada dalam perusahaan tidak akan merasa dibohongi.
Mengeksplorasi dan menyampaikan informasi tentang kelebihan perusahaan tanpa kebohongan merupakan kunci sukses dalam membangun komunikasi melalui profil perusahaan. Apabila ada kekurangan dan tidak layak diutarakan, lebih baik tidak disampaikan dalam profil perusahaan tersebut, sehingga tidak membohongi audience.

4. Dalam Company Profile, sajikan informasi yang ter-update
Seiring berjalannya waktu, perusahaan tentu akan mengalami perubahan-perubahan. Buatlah profil perusahaan sesuai dengan kondisi terkini. Update informasi dalam profil bisa dilakukan setidaknya 6 bulan sekali, ataupun pada saat terjadi perubahan yang mendasar pada perusahaan sehingga bisa mempengaruhi kegiatan operasional perusahaan. Dengan mengupdate profil perusahaan secara berkala, para pemangku kepentingan akan mengetahui perkembangan terkini tentang perusahaan tersebut.

5. Tampilan Company Profile, sebaiknya di design dengan ide kreatif
Menyajikan profil perusahaan secara baik dan kreatif bisa menjadi salah satu cara meningkatkan citra perusahaan. Profil perusahaan yang dibuat haruslah mampu memberi kesan profesional sehingga akan sesuai dengan kepentingan bisnis.
Gunakan bahasa visual maupun verbal yang mampu membangkitkan minat, memberi kesan positif, menjadi pusat perhatian dan mampu menginspirasi. Profil perusahaan yang disajikan secara kreatif, biasanya akan lebih dapat diterima dengan baik oleh para pembaca ataupun penonton video.

Baca juga : Macam Bentuk Media Alat Promosi yang Perlu di Ketahui

Catatan diatas cukup sebagai dasar yang perlu di perhatikan dalam membangun sebuah company profile perusahaan atau business profile. Selain catatan yang kita bahas diatas, masih perlu menjadi perhatian apa saja data yang perlu di sajikan dalam sebuah company profile perusahaan.

Berbagi disini :

Laman: 1 2