Macam Bentuk Media Alat Promosi yang Perlu Di Ketahui

Macam Bentuk Media Alat Promosi yang Perlu Di Ketahui

Menurut sahabat usahawan sesungguhnya apa sih yang di maksud dengan Advertising? Adapun yang dimaksud Advertising menurut Kotler (2002:658), periklanan didefinisikan sebagai bentuk penyajian dan promosi ide, barang atau jasa secara non-personal oleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran. Secara garis besar Advertising adalah bentuk promosi non-personal dengan menggunakan berbagai media yang ditujukan untuk merangsang keinginan untuk membeli.

alat advertising
MEDIA ADVERTISING

karakteristik yang wajib dimiliki oleh sebuah iklan, tentu iklan haruslah memiliki karakteristik. Semakin berkarakter semakin baik, antara lain:
– Suatu bentuk komunikasi yang berbayar.
– Non-personal komunikasi.
– Menggunakan media massa sebagai propaganda / massifikasi pesan.
– Menggunakan sponsor yang teridentifikasi.
– Bersifat mempersuasi khalayak.
– Bertujuan untuk meraih audiens sebanyak-banyaknya.

Pada umumnya sesuatu di bangun atas dasar sebuah tujuan sebagai target, Jadi sebuah iklan dibuat untuk suatu tujuan yang diklasifikasikan menjadi 3 jenis, yakni:

1. Iklan Informatif (Informative Advertising)
Bertujuan untuk membentuk atau menciptakan kesadaran/pengenalan dan pengetahuan tentang produk atau fitur-fitur baru dari produk yang sudah ada.

2. Iklan Persuasif (Persuasive Advertising)
Bertujuan untuk menciptakan kesukaan, preferensi dan keyakinan sehingga konsumen mau membeli dan menggunakan barang dan jasa.

3. Iklan Reminder (Reminder Advertising)
Bertujuan untuk mendorong pembelian ulang barang dan jasa, Menjaga kesadaran akan produk (consumer’s state of mind), Menjalin hubungan baik dengan konsumen.

Berdasarkan macam media yang digunakan, maka advertising / periklanan dibedakan menjadi:

  • Periklanan / Advertensi Cetak seperti koran, majalah, dll.
  • Periklanan / Advertensi Elektronika seperti website, radio, televisi, dll.
  • Transit Periklanan / Advertensing seperti buletin, poster/spanduk, stiker, dll.
  • Kiriman Langsung yaitu barang cetakan yang dikirim langsung melalui pos kepada calon pembeli yang memang sudah target.
  • Periklanan / Advertensi Khusus yaitu segala macam barang yang bentuknya berupa hadiah.

Baca juga : Praktekan Tips ini Anda Akan Populer di Social Media

Personal Selling

Bentuk promosi secara personal dengan presentasi lisan dalam suatu percakapan dengan calon pembeli yang ditujukan untuk merangsang pembelian. Penjualan tatap muka adalah kegiatan mempromosikan suatu produk dengan cara mendatangi ke tempat konsumen berada.
Menurut Kotler (2000), “penjualan perorangan (personal selling), yaitu penyajian atau presentasi pribadi oleh tenaga penjual perusahaan dengan tujuanmenjual dan membina hubungan dengan pelanggan”.

Berbagi disini :

Laman: 1 2 3