Kesalahan Beriklan Promosi Yang Sering Terjadi

Kesalahan Beriklan Promosi Yang Sering Terjadi

Aktifitas marketing atau pemasaran dalam sebuah bisnis merupakan ujung tombak yang menentukan kelangsungan jalannya bisnis tersebut. Dengan strategi yang tepat, akan membuat produk/jasa anda dikenal khalayak umum, meningkatkan volume penjualan, dan ujung-ujungnya menghasilkan profit yang tinggi. Tidak heran jika para pelaku usaha sangat peduli dengan masalah iklan / promosi ini. Berbagai upaya dilakukan untuk meningkatkan keahlian dan pengetahuan pemasaran dengan iklan promosi, mengikuti berbagai pelatihan, memperluas jaringan, sampai ikut terjun langsung dalam kegiatan promosinya.

kesalahan-promosi
PROMOSI STRATEGI

Namun, kesalahan dalam pemasaran juga sering kali terjadi yang diakibatkan oleh ketidaktahuan atau kurangnya pengalaman si pelaku usaha dalam menjalankan aktivitas iklan dan promosinya, Misalnya saat memutuskan untuk beriklan dengan media reklame papan billboard. Jika kita sama sekali tidak tahu seluk-beluk managemen berikan dengan media papan billboard, sebaiknya kita tidak langsung mencobanya. Karena hal tersebut akan mengakibatkan buruknya kinerja dalam pemasaran.

Kesalahan Dalam Beriklan Promosi Yang Sering Terjadi kami rangkum dalam 7 jenis kesalahan.

Kesalahan – kesalahan tersebut dapat dihindari dengan membuat perencanaan yang matang, fokus pada detil, serta evaluasi yang berkelanjutan.
Kesalahan-kesalahan dalam beriklan promosi yang umum dan sering terjadi adalah berkaitan dengan :

1.Timing ( Pemilihan Waktu)
Kesalahan dalam pemasaran pertama adalah dalam hal pemilihan waktu (timing). Memiliki data potential buyer, produk dengan desain yang apik belumlah cukup, jika tidak dibarengi dengan timing yang tepat. Timing yang tepat akan memberikan hasil yang signifikan. Yang jamak terjadi, pelaku usaha sudah menggelontorkan dana yang besar untuk kegiatan marketing, namun tidak menghasilkan apapun. Ini terjadi karena saat promosi dilakukan, konsumen sedang tidak ada minat untuk membeli produk tersebut. Misalnya: menjual alat kecantikan kualitas premium saat tahun ajaran baru sekolah.

2.Pesan Iklan Yang Tidak Sampai Pada Konsumen
Kesalahan dalam pemasaran berikutnya adalah pesan yang tidak sampai kepada konsumen. Bisa dikatakan iklan adalah materi yang sangat penting untuk menarik pembeli. Konsumen tidak akan tahu produk anda jika mereka tidak tertarik dengan iklan anda. Iklan yang menggunakan simbol-simbol tertentu atau bahasa yang bersayap menyebabkan pesan iklan tidak dipahami oleh konsumen yang memiliki latar belakang ekonomi, sosial, dan pendidikan yang beragam. .

3.Cara Promosi Yang Kurang Tepat
Kegiatan promosi bisa dikatakan sebagai trik yang jitu dalam memasarkan produk karena kita akan langsung mengetahui respon konsumen atas produk yang ditawarkan. Dengan memberikan diskon pada periode tertentu atau tambahan item dengan iming-iming penawaran terbatas atau selama produk tersedia, tentu akan menggugah minat konsumen untuk membelinya. Namun, ada faktor lain yang perlu dipertimbangkan. Seringkali dijumpai adanya ‘pemaksaan’ dalam promosi. Bisa jadi dari petugas yang melakukan promosi yang terus mengejar konsumen agar membeli produknya setelah mendapatkan tester atau sample produk. Tentu saja ini mengakibatkan ketidaknyamanan bagi konsumen.

Baca juga : Menentukan Souvenir Pilihan Menjadi Media Promosi Bisnis

4.Data yang tidak up-to-date / terkini
Data yang tidak up-to-date juga menjadi salah satu kesalahan dalam pemasaran yang sering terjadi. Tanpa memiliki data yang akurat terkait dengan kondisi demografi, perilaku pembeli, rata-rata pendapatan, dan karakter lainnya maka aktivitas marketing ini tidak optimal. Data yang tidak akurat tentu saja akan mempengaruhi keputusan yang diambil. Ada baiknya melakukan verifikasi ke lapangan dengan mencocokkan data yang ada. Dengan demikian akan diketahui secara pasti kondisi lapangan.

Berbagi disini :

Laman: 1 2

Leave a reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.