Fungsi Bisnis Plan Rencana usaha Cara Membuatnya

Fungsi Bisnis Plan Rencana usaha Cara Membuatnya

Tanpa bisnis plan atau rencana bisnis, bagaimana kira-kira sahabat usahawan akan menjalankan, membentuk, dan menentukan arah tujuan sebuah bisnis yang di kelola? Jelaslah sekarang bahwasannya sebuah bisnis plan atau rencana bisnis wajib ada sebagai alat panduan dalam bekerja yang efektif dan efesien. Dengan perencanaan yang sudah dibuat, arah kegiatan usaha dari hari ke harinya akan menuju kepada tergeting yang di tentukan.

rencana bisnis
BISNIS PLAN

Selain dari pada itu, bisnis plan sebuah perusahaan bisa juga di jadikan alat promosi untuk membuat calon investor mempelajari dan menaruh kepercayaan untuk menginvestasikan modalnya di sebuah perusahaan.

Bisnis Plan atau rencana bisnis itu menggambarkan rencana kerja, rencana investasi, rencana penjualan dan rencana tata kelola bagi hasil keuntungan yang di tuangkan dalam sebuah dokumentasi tertulis menjadi sebuah sistem. Bisnis plan di buat oleh usahawan dan terus di lakukan revisi seperlunya dari bulan kebulan atau dari tahun ke tahun sesuai kebutuhan dalam mengembangkan bisnis.

2 Fungsi utama dari sebuah bisnis plan atau rencana bisnis pada umumnya,
Pertama sebagai panduan membuat ide-ide yang di canangkan perusahaan menjadi kenyataan. Segala sesuatu yang terjadi alangkah baiknya jika diawali dengan ide-ide yang dianggap relevan dan brilian. Dan Kedua sebagai alat ukur pencapaian-pencapaian dalam tiap-tiap periode akan program kerja yang dijalankan sebagai eksekusi, dan sejauh mana pencapaiannya dapat di raih dan diwujudkan sebagai kinerja yang efektif dan efesien.

Membuat sebuah rencana usaha bukanlah pekerjaan yang sulit bagi sahabat usahawan yang sudah memiliki pengalaman, namun tentu saja akan sulit untuk memulai bagi mereka yang belum memiliki pengalaman apalagi baru pertama membuatnya. Menyatukan berbagai elemen sumber daya, peluang, kinerja, dan target dalam sebuah profile tentu saja harus memperhatikan beberapa aspek yang dianggap penting. Diantaranya 9 catatan sebagai berikut :

1. Perhatikan Cover Depan Dokumen
Jika Business Plan diibaratkan sebagai tubuh manusia, maka halaman sampul atau cover adalah sebuah wajah yang perlu dihias untuk mempercantik proposal bisnis. Di bagian halaman depan inilah pertama kali seseorang akan melihat baik-buruknya sebuah business plan. Untuk itulah buatlah desain sampul ini semenarik mungkin, cukup sederhana namun elegan untuk dipresentasikan pada orang-orang yang berkepentingan.

Halaman depan ini berisi berbagai informasi mengenai judul proposal bisnis, nama usaha yang akan dijalankan, nama yang membuat proposal, dan alamat lengkap beserta kontak yang bisa dihubungi.

Baca juga : Perhatikan Hal Ini dalam Membuat Company Profil Perusahaan

2. Cantumkan Navigasi agar memudahkan pembaca
Halaman Daftar isi dibuat untuk memberikan kemudahan pada pembaca tentang apa yang ada di dalam busnisess plan. Halam ini berisi tentang judul setiap bab, sub judul beserta nomor halaman business plan. Untuk membuat daftar isi yang baik usahakan memiliki alur yang jelas serta adanya kesesuaian antara isi business plan dengan daftar isinya.

Berbagi disini :

Laman: 1 2 3