Arti Penting Strategi Desain Kemasan Produk

Arti Penting Strategi Desain Kemasan Produk

Tidak boleh dianggap sebuah kegiatan yang ringan dan sepele dalam membuat sebuah desain kemasan yang masuk dalam kategori bagus dan efesien, karena hal ini menjadi salah satu strategi pemasaran yang efektif, juga wajib memperhatikan aturan-aturan standart sebuah kemasan produk. Apalagi produk yang akan di beri kemasan merupakan produk makanan (customer goods) yang di wajibkan mengikuti etika aturan kemasan yang standart.

Sebagai contoh sebuah kemasan produk dalam menentukan sebuah desain gambar dan logo yang di letakan harus selaras dengan menghindari tampilan kontradiktif, selain itu di kombinasikan dengan ide bentuk kemasan yang dirumuskan hendaknya bisa dibilang unik, bisa menarik perhatian, dan terpenting akan memberikan kemudahan dalam membukanya.

kemasan-produk-bisnis
KEMASAN PROMOSI

Sedangkan kendala yang ada dalam mendesain sebuah kemasan produk, para pelaku bisnis dan usaha kecil sampai menengah sebagai pelaku yang banyak mengalami kesulitan desain kemasan malah masih menggunakan cara-cara lama dan tradisional. Mereka umumnya tidak menyadari hingga tidak mengetahui akan nilai sebuah kemasan yang baik untuk menunjang promosi dan mampu menjadikan produk mereka lebih populer di pasaran.

Disini kami uraikan dan paparkan hal-hal panduan yang menjadi fungsi utama dan manfaat yang didapat dari desain kemasan produk yang baik, diantaranya adalah :

  1. Fungsi dan kemampuan kemasan produk dalam menjaga produk agar tetap bersih dan segar
  2. Fungsi dan kemampuan kemasan produk dalam melindungi produk dari kerusakan dan pengaruh luar
  3. Fungsi dan kemampuan kemasan produk dalam membantu suatu proses pengolahan.
  4. Fungsi dan kemampuan kemasan produk dalam mempertahankan nilai gizi
  5. Fungsi dan kemampuan kemasan produk dalam memudahkan transportasi atau membawanya.
  6. Fungsi dan kemampuan kemasan produk menjelma menjadi media informasi dan promosi

Baca juga : Menentukan Souvenir Pilihan Menjadi Media Promosi Bisnis

Saat ini dengan pengetahuan dan kemudahan dalam mendesain dan mencetak kemasan produk, para pelaku bisnis dan usahawan berlomba dalam mengandalkan kemasan produknya untuk mempertahankan konsumen dan memikat konsumen baru. Berbagai desain dengan kombinasi warna, tulisan yang menarik minat, gambar-gambar yang memikat, serta tidak lupa bentuk kemasan produk yang unik dan berbeda menjadi alasan inovasi.

Berbagi disini :

Laman: 1 2